Dani Toleng: Sistem Kapitalis Sudah Gagal

(Kuningan – Kuningan News)  Sistem ekonomi kapitalistik yang saat ini merajai dunia dituding telah gagal dalam memberikan jaminan kesejahteraan kepada rakyat. Pasalnya, sistem tersebut cenderung gemar merampas hak-hak orang lain demi keuntungkan segelintir pihak. Demikian dinyakatan Wakil Ketua Persatuan Alumni GMNI Kuningan Dani Iskandar, Kepada Kuningan News,  Jumat (9/3).

Dikatakan Dani, sistem ekonomi kapitalistik saat ini dinilai telah membuat sekat pemisah antara manusia satu dengan manusia lainnya. Sehingga hal itu menyebabkan sifat individualisitik yang menguntungkan diri sendiri tanpa menghiraukan nasib orang lain. “Saya berpendapat sistem kapitalis yang saat ini mendominasi perekonomian dunia sudah tidak layak untuk dipercaya. Sebab lebih menggantungkan semunya kepada pasar,” kata alumni Fakultas Ekonomi Unikku ini.

Dani menegaskan, salah satu alasannya kenapa sistem kapitalis ini tidak bisa dipercaya adalah terkait adanya rencana pemerintah untuk menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada April mendatang. Karena wataknya yang dominatif, maka jeritan rakyat miskin melalui aksi demonstrasi sama sekali tidak dihiraukan. Menurutnya, hal itu merupakan bagian dari skenario besar kelompok kapitalis untuk menguasai perekonomian dunia.

“Indonesia adalah salah satu negara yang menghasilkan minyak, namun menjadi ironis apabila pemerintah masih membeli minyak mentah dari pasar Internasional. Terus terang saya juga dan mungkin masyarakat kebanyakan sangat tidak setuju dengan kebijakan kenaikan harga BBM ini,” cetus Toleng, sapaan akrab Dani Iskandar.

Saat ini, lanjut dia, dunia membutuhkan alternatif solusi untuk ‘mengubur’ sistem ekonomi kapitalistik yang terbukti telah gagal. Meskipun kapitalisme telah sedikit berubah wujud dan melunak, sistem ini tetap tidak dapat dipertahankan lagi. “Jadi dunia itu butuh sesuatu yang baru, sudah jelas kapitalisme gagal. Andai diperbaiki pun suatu saat pasti akan kolaps lagi,” pungkasnya. (leh)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s