Pengukuhan PD PA GMNI Jakarta “Jakarta Butuh Solusi”

Jakarta, Sabtu 31 Maret 2012. Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Alumni (PP PA GMNI), DR. H Soekarwo, M.Hum mengukuhkan Pengurus Daerah Persatuan Alumni GMNI dan Pengurus Cabang PA GMNI se DKI Jakarta. Acara pengukuhan pengurus Persatuan Alumni se DKI Jakarta dirangkaikan dengan Dialog Publik bertema “Solusi Untuk Jakarta,” dengan menghadirkan sejumlah narasumber yang memiliki kompetensi masing-masing.

Menurut Ketua PD PA GMNI Jakarta, Ir. Effendi Sianipar dengan mengusung tema tersebut, diharapkan dapat ditemukan formulasi pemecahan berbagai masalah yang membelit Jakarta selama ini. “Berbagai hiruk pikuk polemik tentang Jakarta, belum menyentuh akar permasalahan yang paling dalam. Bahkan sebagian besar justru lebih asyik membicarakan masalah, ketimbang mencari solusi. Akibatnya, yang terjadi adalah reproduksi permasalahan sehingga kondisi ibukota semakin kompleks,” kata Effendi Sianipar.

Persatuan Alumni GMNI, lanjut Effendi Sianipar, mengemban misi ideologis berkomitmen ikut memecahkan permasalahan tersebut sesuai dengan kompetensi masing-masing. Hal ini yang nantinya menjadi fokus perhatian dari segenap jajaran Pengurus Persatuan Alumni GMNI di DKI Jakarta.

Memahami rentetan kegagalan mengatasi berbagai permasalahan yang membelit Kota Jakarta selama ini, tentu menjadi isyarat akan pentingnya mengubah cara pandang, baik dalam melihat permasalahan yang ada maupun untuk mendeteksi modal dan potensi yang dapat mengubah keadaan.

Dalam perspektif ideologi pembangunan, pembangunan kota Jakarta saat ini lebih berwatak kapitalistik yang lebih melayani kepentingan pemilik modal dan elite birokrasi. Sementara aspirasi dan partisipasi rakyat (publik) hanya dipandang sebagai pelengkap belaka. Karakteristik pembangunan kota (daerah) seperti ini, tampak semakin mendapat persemaian ketika pola suksesi dan rotasi kepemimpinan pemerintah kota (daerah), semakin mengukuhkan faktor finansial sebagai penentu keberhasilan dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada).

Pada hal yang sejatinya menjadi harapan bersama adalah tumbuhnya Jakarta sebagai kota yang adil dan beradab, berwatak demokratis yang mampu menjadi “rumah bersama” bagi warganya yang majemuk. Karena itu perubahan paradigma pembangunan Jakarta hendaknya dimaknai sebagai upaya mengembalikan jatidiri kota Jakarta yang integral dengan jatidiri bangsa Indonesia, yang mencakup 4 elemen dasar yakni Pancasila, UUD 1945, keutuhan NKRI serta lestarinya tatanan masyarakat Bhineka Tunggal Ika.

Jajaran Pengurus Cabang PA GMNI di DKI Jakarta yang dilantik bersama-sama dengan PD PA GMNI Jakarta adalah PC PA GMNI Kota Jakarta Pusat, PC PA GMNI Kota Jakarta Utara, PC PA GMNI Kota Jakarta Barat, PC PA GMNI Kota Jakarta Selatan, PC PA GMNI Kota Jakarta Timur, PC PA GMNI Bekasi, PC PA GMNI Kota Depok. (PIL)

http://www.kompasiana.com/pauluslondo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s